Solusi Pengeringan dan Penyaringan Udara

Udara di sekitar kita dipenuhi partikel-partikel kecil berupa uap air dan debu yang tidak kasat mata. Saat udara ini dihisap oleh kompressor, intake filter akan menyaring partikel dengan ukuran >4 micron agar tidak ikut dalam proses kompresi. Tetapi partikel dengan ukuran <4 micron akan masuk ke dalam compressor termasuk uap air.

Proses kompresi akan membuat massa partikel dan uap air meningkat sehingga terbentuk partikel dengan ukuran yang lebih besar dan sebagian kondensasi uap air. Untuk kompressor berpelumas, sebagian oli juga menguap karena panas yang dihasilkan dari proses kompresi.

Partikel, uap air dan uap oli adalah pengotor yang tidak dibutuhkan dalam proses produksi dan sebaiknya dipisahkan sebelum udara tekan digunakan.  Shark menyediakan solusi lengkap untuk pengeringan dan penyaringan udara tekan.

 

  1. Pre filter

Kode filter FGO kelas P. Menyaring particle dengan ukuran > 3 micron. Dipasang sebelum air dryer. Berfungsi untuk mencegah pengotor masuk dan menempel pada jalur udara di dalam air dryer. Sebagian air juga dipisahkan di dalam pre filter sehingga harus dipastikan proses drain filter dilakukan setiap hari.

  1. After Filter

Kode filter FGO kelas H. Menyaring particle dengan ukuran > 1 micron dengan maksimum oil carryover 0.01 mg/m3. After filter dipasang setelah air dryer untuk memastikan partikel dengan ukuran lebih kecil dan juga uap oli tidak masuk ke jalur produksi. Di after filter hampir tidak ada air yang dipisahkan, tetapi proses drain tetap harus dilakukan tiap hari untuk mengeluarkan uap oli yang berhasil dipisahkan.

Filter kelas C (active carbon) bisa digunakan setelah filter kelas H jika aplikasi membutuhkan udara bebas bau dan bebas bakteri.

  1. Refrigerated Air Dryer

DTG-HT series untuk piston compressor dengan kapasitas 700 - 2.116 L/min

DAT series untuk screw compressor dengan kapasitas 3.450 – 60.000 L/min

Refrigerated dryer bekerja berdasarkan prinsip termodinamika. Udara tekan bertemperatur lebih tinggi akan masuk ke dalam evaporator dan terjadi proses pertukaran panas dengan refrigerant. Udara tekan akan mengalami penurunan temperatur secara tiba-tiba menyebabkan uap air yang terkandung dalam udara tekan terkondensasi menjadi cairan. Di sisi lain refrigerant cair bertemperatur rendah mengalami kenaikan temperatur secara tiba-tiba hingga berubah fasa menjadi gas. Proses kerja refrigerant berada dalam siklus tertutup.

Karena kandungan uap air telah dipisahkan, udara tekan menjadi kering. Tingkat kekeringan yang dihasilkan menggunakan refrigerated dryer adalah 3-10 deg Celcius.

Untuk mendapatkan tingkat kekeringan udara tekan yang baik, gunakan dessicant dryer. Dessicant dryer mampu menghasilkan tingkat kekeringan -40 sd -70 deg Celcius.

 Tingkat kekeringan udara 3-10 deg Celcius cocok untuk aplikasi pneumatic, pengecatan dan banyak industri umum lainnya. Tingkat kekeringan -40 sd -70 deg Celcius biasa diperlukan untuk industri farmasi, elektronik, dan semikonduktor.

Evaporator dalam refrigerated air dryer

 

Bagian-bagian Air filter

01. Differential pressure gauge
02. O-ring bowl seal
03. Diecasting aluminium housing chromated with polyester epoxy powder coating for corrosion resistance
04. Large capacity reservoir allow large condensate volume
05. Auto drain
06. Drainage layer
07. High efficiency filtration media
08. Support cylinder

Looking for quality product for industry solution?